Senin, 05 Oktober 2015

Pengertian , Unsur , Ciri - Ciri , Bentuk Bagan Struktur Organisasi

Pengertian organisasi menurut para tokoh

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  •  James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  •  Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  •  Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  •  Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua  orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
  •  Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakanorganisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
  •    Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakanorganisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
  •  James D Mooney berpendapat bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
  •  Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
  •  Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).


Unsur – unsur organisasi

Organisasi Sebagai Wadah atau Tempat Untuk Bekerja Sama
Organisasi adalah suatu tempat dimana sekelompok orang bersama mencapai suatu tujuan yang ditetapkan, misalnya organisasi buruh bertujuan untuk kepentingan buruh, organisasi wanita bertujuan untuk hak wanita, organisasi mahasiswa bertujuan untuk pencapaian mahasiswa dan sebagainya.

Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Selain tempat kerja sama suatu organisasi merupakan proses kerja sama, proses tersebut sedikitnya melibatkan antar dua orang, makin banyak orang yang melakukan kerjasama, maka proses organisasi tersebut harus disusun lebih baik dan teroganisir lagi.

Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Supaya tidak bentrok atau terjadi kesalahpahaman, setiap anggota organisasi sudah ada tugasnya masing-masing, tugas tersebut disesuaikan dengan keahlian dari setiap anggota, sehingga sudah jelas apa yang harus dilakukan masing-masing anggota.

Ada tujuan tertentu
Suatu perencanaan manager yang baik akan membuat organisasinya menghasilkan hasil yang baik pula, keuntungannya perkerjaan akan efesien dan efektif.


Unsur – unsur pendukung organisasi

1.       Manusia (Man)
2.       Kerjasama
3.       Tujuan Bersama
4.       Peralatan (Equipment)
5.       Lingkungan
6.       Kekayaan alam
7.       Kerangka/Konstruksi mental.



Ciri – ciri organisasi secara umum

  • Memiki tujuan dan sasaran
  •  Memiliki komponen yaitu atasan dan bawahan
  • Adanya kerja sama yang terstruktur
  •  Memiliki pendegelasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
  • Memiliki keterikatakan format dan tatat tertip yang harus ditaati


Ciri-Ciri Organisasi Menurut Berelson dan Steiner

Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan
peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya

Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk
piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari
pada orang biasa dalam organisasi tersebut.

Besar dan Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga
hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan
"gejala birokrasi"

 Lamanya (Duration), adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada
keanggotaan pada organisasi tersebut.

Ciri-Ciri Organisasi Modern

  •    Organisasi bertambah besar
  •    Penggunaan staf lebih intensif
  •    Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
  •    Pengelolaan data semakin cepat
  •    Adanya prinsip-prinsip atau azas-asaz organisasi
  •    Cenderung spesialisasi

Bentuk-Bentuk Bagan Struktur Organisasi

  •    Bagan Horizontal
    Mengapa bagan tersebut di katakan horizontal karena pada bagan tersebut jika semakin banyak
    jabatan-jabatan yang di buat dalam perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas
    menyamping

  •    Bagan Lingkaran
      Kenapa bagan ini berbentuk lingkaran karna mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat
      memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh
      karena itu banyak sekali model bagan yang terbentuk. pada model bagan ini jika setiap    penambahan anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.




  •    Bagan Vertikal

    Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi
    maka bagan ini akan semakin panjang ke bawah . 



  •    Bagan Piramid
    Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian
    bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di
    letakan MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.





Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar