Pengertian organisasi menurut para tokoh
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Unsur – unsur organisasi
Organisasi Sebagai Wadah atau Tempat Untuk
Bekerja Sama
Organisasi adalah suatu tempat dimana sekelompok orang bersama
mencapai suatu tujuan yang ditetapkan, misalnya organisasi buruh bertujuan
untuk kepentingan buruh, organisasi wanita bertujuan untuk hak wanita,
organisasi mahasiswa bertujuan untuk pencapaian mahasiswa dan sebagainya.
Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Selain tempat kerja sama suatu organisasi merupakan proses kerja sama,
proses tersebut sedikitnya melibatkan antar dua orang, makin banyak orang yang
melakukan kerjasama, maka proses organisasi tersebut harus disusun lebih baik
dan teroganisir lagi.
Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Supaya tidak bentrok atau terjadi kesalahpahaman, setiap anggota
organisasi sudah ada tugasnya masing-masing, tugas tersebut disesuaikan dengan
keahlian dari setiap anggota, sehingga sudah jelas apa yang harus dilakukan
masing-masing anggota.
Ada tujuan tertentu
Suatu perencanaan manager yang baik akan membuat organisasinya
menghasilkan hasil yang baik pula, keuntungannya perkerjaan akan efesien dan
efektif.
Unsur – unsur pendukung organisasi
1.
Manusia (Man)
2.
Kerjasama
3.
Tujuan Bersama
4.
Peralatan (Equipment)
5.
Lingkungan
6.
Kekayaan alam
7.
Kerangka/Konstruksi mental.
Ciri – ciri organisasi secara umum
- Memiki tujuan dan sasaran
- Memiliki komponen yaitu atasan dan bawahan
- Adanya kerja sama yang terstruktur
- Memiliki pendegelasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
- Memiliki keterikatakan format dan tatat tertip yang harus ditaati
Ciri-Ciri Organisasi Menurut Berelson dan Steiner
Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang
merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan
peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya
peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya
Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu
pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk
piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari
pada orang biasa dalam organisasi tersebut.
piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari
pada orang biasa dalam organisasi tersebut.
Besar dan Kompleksnya, adalah
ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga
hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan
"gejala birokrasi"
hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan
"gejala birokrasi"
Lamanya (Duration), adalah
ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada
keanggotaan pada organisasi tersebut.
keanggotaan pada organisasi tersebut.
Ciri-Ciri Organisasi Modern
- Organisasi bertambah besar
- Penggunaan staf lebih intensif
- Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
- Pengelolaan data semakin cepat
- Adanya prinsip-prinsip atau azas-asaz organisasi
- Cenderung spesialisasi
Bentuk-Bentuk Bagan Struktur Organisasi
- Bagan Horizontal
Mengapa bagan tersebut di katakan horizontal karena pada
bagan tersebut jika semakin banyak
jabatan-jabatan yang di buat dalam
perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas
menyamping
- Bagan Lingkaran
Kenapa bagan ini berbentuk lingkaran karna mungkin dalam
suatu perusahaan memang sangat
memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun
bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh
karena itu banyak sekali model
bagan yang terbentuk. pada model bagan ini jika setiap penambahan anggota maka
bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.
- Bagan Vertikal
Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan
Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan banyak sekali jabatan
atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi
maka bagan ini akan semakin
panjang ke bawah .
- Bagan Piramid
Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti
Piramid yang menempatkan bagian
bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi
di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di
letakan MID dan untuk Office
Boy di letakan pada Bagian LOWER.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar