Minggu, 29 April 2018

Tugas 3 Softskill : Manajemen Layanan Sistem Informasi


Perkembangan Manajemen Layanan Sistem Informasi Berbasis Mobile & Web Segabai Trend Masa Kini

Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah kegiatan yang mengatur pelayanan baik dalam perusahaan, masyarakat, bidang akademik, maupun instansi pemerintah dengan berbasis teknologi informasi. Manajemen Layanan Sistem Informasi ini sangat penting bagi pengguna dan organisasi  untuk memudahkan proses dan kegiatan manajemen. Manajemen Layanan Sistem Informasi juga mempunyai beberapa manfaat yaitu dapat mempercepat proses layanan, dapat mengurangi biaya, serta menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang lebih besar. Peran Manajemen Layanan Sistem Informasi memiliki pengaruh besar dalam organisasi karena jika organisasi dapat memanfaatkan teknologi informasi maka jaringan komunikasi yang cepat serta mengatur aktivitas tidak terbatas pada ruang dan waktu. Berikut contoh aplikasi Manajemen Layanan Sistem Informasi:

E-commerce
E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan get and deliver. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biayabiaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Dalam era yang disebut “information age” ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. E-commerce merupakan extensiondari commerce dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. Peluang dan Tantangan E-Commerce Perkembangan internet berdampak pada perubahan cara organisasi merancang, memproses, memproduksi, memasarkan, dan menyampaikan produk.



Mobile Banking
Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Selintas layanan mobile banking ini serupa dengan layanan sms banking, namun pada kenyataannya mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan sms banking. Apabila menggunakan layanan sms banking, transaksi hanya dapat dilakukan menggunakan pesan singkat (SMS), maka dengan menggunakan layanan mobile banking Anda dapat menggunakan fitur lain yang lebih canggih.


E-Government
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik. Contoh nya seperti NPWP Online .



Sumber :

http://kharismarzty.blogspot.co.id/2018/03/canggihnya-manajemen-layanan-sistem.html
https://moniccaester.wordpress.com/2016/04/07/contoh-teknologi-atau-sistem-yang-telah-menggunakan-manajemen-layanan-sistem-informasi/
https://suhanda666.wordpress.com/2011/05/25/e-banking/
http://sriyanthigeg.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-keuntungan-kerugian-e.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar