Pengertian Manajemen Layanan Sistem
Informasi
Manajemen Layanan Sistem
Informasi adalah suatu metode yang mengelola Sistem Informasi (SI) dan secara
filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan Sistem Informasi terhadap
bisnis perusahaan.
Manajemen Layanan Sistem
Informasi itu berfokus pada proses dan Manajemen Layanan Sistem Informasi
tersebut memiliki peminatan yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi
gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma, ERP, dan sebagainya. Disiplin
tersebut tidak memperdulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu
atau detail teknis suatu sistem yang dikelola oleh Manajemen Layanan Sistem
Informasi, melainkan disiplin tersebut memfokuskan pada upaya penyediaan
kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem
informasi dan interaksi antara personel teknis Teknologi Informasi dengan
pengguna Teknologi Informasi.
Manfaat Manajemen Layanan Sistem
Informasi
- Meningkatkan kecepatan akses/aksesibilitas data tepat waktu dan akurat bagi para penggunanya.
- Menjamin tersedianya keterampilan dan kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi secara baik dan benar.
- Mengidentifikasi apa saja kebutuhan pagi pemakai layanan sistem informasi.
- Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
- Meminimalisir biaya yang digunakan dan menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang lebih besar.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar