Sabtu, 31 Maret 2018

Tugas 2 Softskill : Manajemen Layanan Sistem Informasi


Strategi Desain Manajemen Sistem Informasi
Tahap desain memutuskan bagaimana sistem akan beroperasi, dalam hal perangkat keras, perangkat lunak, dan  jaringan infrastruktur; antarmuka pengguna, formulir dan laporan, dan program khusus, database, dan file yang akan dibutuhkan.

Tahap desain memiliki empat langkah:
1.    Strategi desain adalah yang pertama dikembangkan. Strategi desain mengklarifikasi apakah sebuah sistem akan dikembangkan oleh programmer dari perusahaan itu sendiri, apakah sistem tersebut akan (outsourced) ke perusahaan lain (biasanya perusahaan konsultasi), atau apakah perusahaan tersebut akan membeli paket perangkat lunak yang tersedia.
2.    Ini mengarah kepada pengembangan dari dasar architecture design untuk sistem tersebut, yang menjelaskan perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur jaringan untuk digunakan. Dalam kebanyakan kasus, sistem akan menambahkan atau ,merubah infrastruktur yang sudah ada di dalam organisasi. Desain tatap muka menentukan bagaimana pengguna akan bergerak melalui sistem (contoh, metode navigasi seperti misalnya menu, dan tombol di layar) dan form serta laporan yang akan digunakan oleh sistem.
3.    Basis data dan spesifikasi file dikembangkan. Ini cukup menegaskan data apa yang akan disimpan dan di mana mereka akan disimpan.
4.    Tim analisa mengembangkan program design, yang menetapkan program mana yang harus dituliskan dan apa yang persisnya setiap program akan lakukan.

Ada 2 jenis langkah desain yang dapat digunakan yaitu  Desain Proses Bisnis dan Desain Pemrograman. Desain pemrograman dilakukan oleh Sistem Analis (SA) yaitu membuat desain yang diperlukan untuk pemrograman berdasarkan desain proses bisnis yang telah dibuat oleh BPA. desain ini akan menjadi pedoman bagi programmer untuk menulis source code. Desain pemrograman meliputi :
1.    Desain database
2.    Desain Screen Layout
3.    Desain Diagram Proses
4.    Desain Report Layout


Sumber :
https://www.slideshare.net/ernakoswaracilacap/analisa-sistem-dan-desain-sistem-informasi-54531006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar